PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN SISWA BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU

Authors

  • Srilestari Srilestari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52366/edusoshum.v1i3.27

Keywords:

Development, Information Systems, Student Assessment.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses penilaian siswa di SD Muhammadiyah Bendo Kulon Progo yang masih manual sehingga sangat rawan akan hilang dan rusaknya data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan sistem informasi penilaian siswa berbasis web yang efektif dan efisien di SD Muhammadiyah Bendo Kulon Progo.
Jenis penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Tehnik pengumpulan data dengan studi pustaka, wawancara dan Instrumen. Penelitian tersebut menunjukkan hasil bahwa sistem informasi penilaian siswa (SIPENSI) berbasis web sangat efektif untuk dilakukan ujicoba setelah divalidasi oleh ahli sistem penilaian manajemen dan pengguna dengan skor rata-rata 4,3. Prosentase rata-rata nilai dari ahli sistem penilaian manajemen dan penilaian pengguna mencapai 86,7%. Penilaian yang diberikan oleh subjek penelitian tersebut dinyatakan “Sangat Efektif” serta telah memenuhi kategori “Baik”. Hasil uji efektifitas untuk pengguna melalui angket yaitu 9 orang guru menunjukkan rata-rata skor 4,2 dengan kategori “Baik”. Sehingga Sistem Penilaian Siswa (SIPENSI) Berbasis Web baik atau layak digunakan sebagai aplikasi penilaian siswa di SD Muhammadiyah Bendo Kulon Progo menggantikan model penilaian siswa yang lama.

References

Ahmad Hatta, 2011, Tafsir Al-Qur’an Per Kata, Jakarta: Maghfirah Pustaka.

Bunafit Nugroho, 2014, Pemrograman WEB membuat Sistem Informasi Akademik Sekolah dengan PHP-MYSQL dan Dreamweaver, Yogyakarta, Gava Media.

Dana Pranata Hamdani & Dina Marisa K, Rancang Bangun Website Jurnal II Bidang Komputer, Jurnal Informatika Mulawarman Vol.10 No.2 September 2015.

Nursahid, Berliana Kusuma Riasti, Bambang Eka Purnama, 2015, Pembangunan Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Rembang Berbasis Web, IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security - Volume 4 No 2 – 2015 – ijns.org

Romie Priyastama, 2017, Buku sakti menguasai SPSS Pengolahan Data dan Analisis Data, Yogyakarta, PT Anak Hebat Indonesia.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung, Alfabeta.

Supriani, 2017, Konsep evaluasi dalam Al-Qur’an, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uninersitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Eko Putro Widoyoko, 2014, Penilaian hasil Pembelajaran di sekolah, Pustaka Pelajar.

Zhafira Salsabil &Mecca Arfa, Efektifitas Website Femaledaily.com Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pengguna, Jurnal Pustaka, Vol.08 N0.02, April 2019.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Srilestari, S. (2021). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN SISWA BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU. Edusoshum : Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Humaniora, 1(3), 120–129. https://doi.org/10.52366/edusoshum.v1i3.27

Issue

Section

Articles